WELCOME TO MY BLOG

keep simple , go for it and never give up

Pages

Minggu, 12 Agustus 2012

Komunikasi Data

PENGERTIAN
  • Komunikasi secara umum itu sendiri dapat di artikan sebagai suatu hubungan timbal balik antara penyampai dan penerima pesan informasi yang memiliki tujuan tertentu .
  • Data adalah bagian dari informasi yang gunakan dalam komunikasi, yang di sampaikan dari sumber menuju penerima informasi itu.
  • Komunikasi data adalah proses pengiriman dan penerimaan data atau informasi dari dua atau lebih device(alat seperti komputer,laptop,printer,dll) yang terhubung kedalam sebuah jaringan data di sampaikan dalam sinyal analog setelah data sampai di receiver data di ubah menjadi sinyal digital agar dapat di pahami oleh device yang digunakan. 
KLASIFIKASI KOMUNIKASI BERDASARKAN INFORMASI
  •  Komunikasi  audio : jenis komunikasi dengan informasi berupa suara
  • Komunikasi video : jenis komunikasi dengan informasi berupa gambar
  • Komunikasi audio video : jenis komunikasi berupa suara dan gambar
  • Komunikasi data : jenis komunikasi berupa data digital
Komponen komunikasi data yaitu :
  •      Pengirim /sumber adalah piranti yang mengirimkan data
  •      Penerima/ receiver adalah piranti yang menerima data.
  •      Data adalah informasi yang akan di pindahkan atau di kirimkan.
  •           Media pengiriman adalah media atau saluran yang digunakan untuk mengirimkan data.
  •      Protocol adalah aturan atau standar yang mengatur atau mengijinkan terjadinya hubungan komunikasi dan  perpindahan data antara dua atau lebih titik computer.


         Data atau informasi  dari sumber yang  sebelumnya berbentuk sinyal digital di ubah d transmitter menjadi sinyal analog dan di sampaikan ke system transmissi sebelum di ubah kembali menjadi sinyal digital kembali pada receiver dan di baca oleh penerima atau tujuan

METODE KOMUNIKASI
  1.      Simplex adalah komunikasi yang dilakukan satu arah. Metode ini pengirim tidak memerlukan respon secara langsung dari pihak lawan komunikasi (penerima). Contoh nya : radio, televisi
  2.        Half duplex adalah komunikasi yang dilakukan dua arah namun dalam prosesnya pertukaran informasi dilakukan secara bergantian. Contohnya : walki tolki 
  3.        Full duplex adalah komunikasi yang dilakukan dua arah dengan proses pertukaran informasi antara kedua belah pihak dapat dilakukan secara bersamaan. Contohnya : telepon
 JARINGAN KOMUNIKASI DATA
  1.       Jaringan Luas / WAN ( Wide Area Network )
      Meliputi area geografis yang luas dengan beragam fasilitas komunikasi seperti telepon,transmisi satelit dan kabel bawah laut. 
      Melibatkan host computer, hardware/software komputer. Contoh: jaringan perbankan antar daerah, sistem pemesanan tiket pesawat.
           2.  Jaringan Setempat / LAN ( Local Area Network )
     Meliputi area yang terbatas, menghubungkan hingga ratusan komputer mikro yang berlokasi di area  yang relatif kecil seperti gedung dan beberapa gedung yang berdekatan.
      Memungkinkan beberapa pemakai berbagi software, data dan peralatan.
MEDIA KOMUNIKASI DATA 
  1.       Media kabel tembaga Media yang cukup lama digunakan karena memang media inilah yang menjadi cikal bakal system komunikasi data dan suara. Saat ini media ini memang masih digunakan hanya saja pemanfaatannya sudah agak sedikit berkurang, hal ini dikarenakan karena upaya penemuan dan pengembangan media komunikasi terus dipelajari dan hasilnya terus banyak bermunculan media yang lebih baik dengan keuntungan yang lebih banyak dibandingkan dengan keuntungan yang ditawarkan oleh media kabel tembaga  
2.    Media WLAN  
    Sebuah jaringan local (LAN) yang terbentuk dengan menggunakan media perantara sinyal radio frekuensi tinggi, bukan dengan menggunakan kabel. Media wireless yang tidak kasat mata menawarkan cukup banyak keuntungan bagi penggunanya, diantaranya :
a.       Meningkatkan produktifitas
b.      Cepat dan sederhana implementasinya.
c.       Fleksibel
d.      Dapat mengurangi biaya investasi.
e.    Skalabilitas 

Media Piranti Wireless :

1.      Wireless Client Devices
2.      Access Point
      Digunakan untuk melakukan pengaturan lalulintas jaringan dari mobile radio kejaringan kabel atau dari backbone jaringan wireless client/server ı Biasanya berbentuk kotak kecil dengan 1 atau 2 antena kecil. Peralatan ini merupakan radio based, berupa receiver dan transmiter yang akan terkoneksi dengan LAN kabel atau broadband ethernet.
3.   Antenna
      Digunakan untuk mengkonversi signal high frekuensi (RF) dalam transmisinya sebagai gelombang di udara. Tipe antena akan menentukan pola radiasi gelombang seperti omnidirectional, bidirectional, atau unidirectional.
3.  Media fiber optic.
      Fiber optic secara harafiah arti serat optic atau bisa juga disebut serat kaca. Fiber optic memang berupa serat yang terbuat dari kaca, namun jangan anda samakan dengan kaca yang biasa anda lihat. Serat kaca ini merupakan yang dibuat secara khusus dengn proses yang cukup rumit yang kemudian dapat digunakan untuk melewati data yang ingin anda kirim atau terima.

Beberapa keuntungan dari media fiber optic:
-          Lebih ekonomis untuk jarak yang sangat jauh. Dengan bandwitch yang sangat besar disertai daya jangkau yang sangat jauh maka dengan media fiber optic biaya akan lebih sedikit. Apalagi jika dibandingkan dengan media kabel tembaga mislanya yang tentu dengan jarrak jauh pasti akan menambah biaya untuk membeli kabelnya.
-          Ukuran saluran serat yang lebih kecil. Karena terbuat dari serat kaca maka ukuran serat salurannya menjadi lebih kecil jika dinadingkan dengan media kabel tembaga.
-          Penurunan kualitas sinyal yang lebih sedikit. Dengan menggunakan media fiber optic maka degradasi sinyal transmisi akan lebih bisa dikurangi.
-          Daya listrik yang diperlukan lebih kecil, karena memanfaatkan cahaya dalam proses transmisi datanya sehingga hanya membutuhkan sedikit daya listrik berbeda dengan media kabel tembaga.
-          Menggunakan sinyal digital, dalam media fiber optic karena tidak adanya sinyal listrik, maka yang lebih banyak mendominasi adalah sinyal digital.
-          Fiber optic tidak mudah termakan usia, dikarenakan dalam proses transmisinya tidak melibatkan listrik sehingga kecil kemungkinan akan terjadinya kebakaran saluran yang diakibatkan oleh konsleting.
-          Bahannya ringan dan fleksibel, hal ini dikarenakan ukuran serat yang sangat kecil dan juga elastic sehingga saluran dengan media fiber optic lebih ringan dan fleksibel.
-          Komunikasi bisa lebih aman, hal ini dikarenakan dengan media fiber optic maka informasinya tidak mudah disadap oleh pihak lain, dan juga sangat sulit untuk dimonitor,
-    Jalan tercepat untuk transmisi data anda, karena memanfaatkan bantuan cahaya maka jelaslah bahwa dengan fiber optic, data akan lebih cepat sampai kepada tujuan pengiriman, ditambah lagi kapasitas data dengan media fiber optic tidak terbatas, sehingga data yang bisa dtransper bisa sangatcepat kilat.












0 komentar: