WELCOME TO MY BLOG

keep simple , go for it and never give up

Pages

Senin, 20 Agustus 2012

Jenis Jenis Jaringan Komputer



Jenis jenis jaringan komputer
 1. LAN  ( Local Area Network )
·         Local Area Network (LAN) merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer.
·         LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama resource (misalnya, printer, scanner) dan saling bertukar informasi. LAN dapat dibedakan dari jenis jaringan lainnya berdasarkan tiga karakteristik: ukuran, teknologi transmisi dan topologinya.
·       LAN mempunyai ukuran yang terbatas, yang berarti bahwa waktu transmisi pada keadaan terburuknya terbatas dan dapat diketahui sebelumnya. Dengan mengetahui keterbatasnnya, menyebabkan adanya kemungkinan untuk menggunakan jenis desain tertentu. Hal ini juga memudahkan manajemen jaringan. 
·  LAN seringkali menggunakan teknologih transmisi kabel tunggal. LAN tradisional beroperasi pada kecepatan mulai 10 sampai 100 Mbps (mega bit/detik)  dengan delay rendah (puluhan mikro second) dan mempunyai faktor kesalahan yang kecil. LAN-LAN modern dapat beroperasi pada kecepatan yang lebih tinggi, sampai ratusan megabit/detik.
2.  Storage area (SAN)
   Tentang jaringan SAN
·         Yaitu, jaringan khusus yang menyediakan akses ke konsolidasi, blok tingkat penyimpan data . SAN terutama digunakan untuk membuat perangkat penyimpanan, seperti array disk , tape libraries , dan jukebox optik , dapat diakses oleh server sehingga perangkat muncul seperti lokal terpasang perangkat ke sistem operasi.
·         SAN biasanya memiliki jaringan sendiri dari perangkat penyimpanan yang umumnya tidak dapat diakses melalui jaringan area lokal dengan perangkat lain
   Manfaat jaringan SAN 
·         Berbagi penyimpanan biasanya menyederhanakan administrasi penyimpanan dan menambah fleksibilitas karena kabel dan perangkat penyimpanan tidak harus secara fisik pindah bergeser penyimpanan dari satu server ke yang lain.
·         kemampuan untuk memungkinkan server untuk boot dari SAN sendiri. Hal ini memungkinkan untuk penggantian cepat dan mudah dari server rusak sejak SAN dapat dikonfigurasi ulang sehingga server pengganti dapat menggunakan Lun dari server rusak 
3. Home Area Network

·         Sebuah jaringan rumah atau jaringan rumah daerah (HAN) adalah perumahan jaringan area lokal (LAN) untuk komunikasi antara perangkat digital biasanya digunakan di rumah, biasanya sejumlah kecil komputer pribadi dan aksesoris, seperti printer dan perangkat komputasi mobile.
·         Fungsi penting adalah berbagi akses Internet , sering broadband layanan ditetapkan oleh serat-to-the-rumah atau melalui akses Internet kabel , Digital Subscriber Line (DSL) atau mobile broadband oleh penyedia layanan Internet (ISP).
·         fitur yang memungkinkan akses disk berbagi , akses printer bersama dan akses scanner bersama di antara semua komputer dan pengguna (biasanya seluruh anggota keluarga) di rumah, dengan cara yang sama seperti dalam sebuah kantor kecil workgroup , misalnya, melalui didistribusikan peer-to-peer (tanpa server pusat). Selain itu, server rumah dapat ditambahkan untuk fungsionalitas meningkat.
·         Sebuah HomeGroup Windows adalah fitur baru di Microsoft Windows 7 yang menyederhanakan file sharing. Semua pengguna (biasanya seluruh anggota keluarga), kecuali rekening tamu, dapat mengakses shared library di komputer manapun yang terhubung ke kelompok rumah. Password tidak diperlukan dari para anggota keluarga selama logon. Sebaliknya, file sharing aman dimungkinkan melalui kata sandi sementara yang digunakan saat menambahkan komputer ke HomeGroup.
·         Jaringan rumah dapat menggunakan teknologi kabel atau nirkabel. Sistem kabel biasanya menggunakan terlindung atau unshielded twisted pair kabel, seperti salah satu dari Kategori 3 (CAT3) melalui Kategori 6 (CAT6) kelas, tetapi juga dapat diimplementasikan dengan kabel koaksial, atau melalui kabel listrik yang ada listrik di dalam rumah. 
Infrastruktur perangkat
·         Modem untuk koneksi ke akses Internet layanan (baik modem DSL menggunakansaluran telepon , atau modem kabel menggunakan kabel internet koneksi).
·         Sebuah gerbang perumahan (kadang disebut router broadband) yang terhubung antara modem broadband dan seluruh jaringan. Hal ini memungkinkan beberapa perangkat untuk terhubung ke internet secara bersamaan. Gateway perumahan, hub / switch, modem DSL, dan jalur akses nirkabel sering digabungkan.
·         Sebuah titik akses nirkabel , biasanya diimplementasikan sebagai fitur daripada kotak yang terpisah, untuk menghubungkan perangkat nirkabel 
Klien perangkat
·         Sebuah PC atau beberapa PC termasuk laptop, Netbook dan Tablet PC
·         Hiburan peripheral - peningkatan jumlah perangkat dapat tersambung ke jaringan rumah, termasuk DVR seperti TiVo , pemutar audio digital , mesin game , sistem stereo , dan IP set-top box serta TV sendiri.
·         Internet Telepon ( VoIP )
·         Smart Phones terhubung melalui Wifi.
·         Sebuah jembatan jaringan menghubungkan dua jaringan bersama-sama, sering memberikan perangkat kabel, misalnya Xbox , akses ke jaringan nirkabel.
·         Sebuah jaringan hub / switch - hub jaringan pusat mengandung sejumlah Ethernet port untuk menghubungkan perangkat jaringan beberapa
·         Sebuah jaringan terpasang penyimpanan perangkat (NAS) dapat digunakan untuk penyimpanan pada jaringan.
·         Sebuah server cetak dapat digunakan untuk berbagi printer di antara komputer di jaringan.
4. Campus Area Network
·         CAN adalah sebuah jaringan komputer terdiri dari interkoneksi jaringan area lokal (LAN) dalam wilayah geografis yang terbatas. peralatan jaringan tersebut ( switch , router ) dan media transmisi ( serat optik , pabrik tembaga, CAT5 kabel dll) yang hampir seluruhnya dimiliki oleh kampus penyewa / pemilik: perusahaan, universitas, pemerintah dll
·         Perguruan tinggi atau universitas jaringan area kampus sering menghubungkan berbagai bangunan, termasuk bangunan administrasi, gedung akademik, perpustakaan universitas, kampus atau pusat siswa, asrama , gimnasium , dan struktur terpencil lainnya, seperti pusat konferensi , pusat teknologi, dan lembaga pelatihan.
·         Sama seperti jaringan kampus universitas, jaringan kampus perusahaan berfungsi untuk menghubungkan bangunan. Contoh-contoh adalah jaringan di Googleplex dan Microsoft kampus itu. Jaringan kampus biasanya saling berhubungan dengan kecepatan tinggi Ethernet link beroperasi lebih serat optik seperti Gigabit Ethernet dan 10 Gigabit Ethernet . 
5. MAN (  Metropolitan Area Network )
·         Metropolitan  Area Network (MAN) pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya memakai teknologi yang sama dengan LAN.  MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang berdekatan dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. MAN biasanya mamapu menunjang data dan suara, dan bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel. MAN hanya memiliki sebuah atau dua buiah kabel dan tidak mempunyai elemen switching, yang berfungsi untuk mengatur paket melalui beberapa output kabel. Adanya elemen switching membuat rancangan  menjadi lebih sederhana.
·         Alasan utama memisahkan MAN sebagai kategori khusus adalah telah ditentukannya standart untuk MAN, dan standart ini sekarang sedang diimplementasikan. Standart tersebut disebut DQDB (Distributed Queue Dual Bus) atau 802.6 menurut standart IEEE. DQDB terdiri dari dua buah kabel  unidirectional dimana semua komputer dihubungkan, seperti ditunjukkan pada gambar 1.2. Setiap bus mempunyai sebuah head–end, perangkat untuk memulai aktivitas transmisi. Lalulintas yang menuju komputer yang berada di sebelah kanan pengirim menggunakan bus bagian atas. Lalulintas ke arah kiri menggunakan bus yang berada di bawah.

6.  WAN ( Wide Area Network ) 
·         Wide Area Network  (WAN) mencakup daerah geografis yang luas, sertingkali mencakup sebuah negara atau benua.  WAN terdiri dari kumpulan mesin yang bertujuan untuk mejalankan program-program aplikasi.
·         Kita akan mengikuti penggunaan tradisional dan menyebut mesin-mesin ini sebagai host. Istilah End System kadang-kadang juga digunakan  dalam literatur. Host dihubungkan dengan sebuah subnet komunikasi, atau cukup disebut subnet. Tugas subnet adalah membawa pesan dari host ke host lainnya, seperti halnya sistem telepon yang membawa isi pembicaraan dari pembicara ke pendengar. Dengan memisahkan aspek komunikasi murni sebuah jaringan (subnet) dari aspek-aspek aplikasi (host), rancangan jaringan lengkap menjadi jauh lebih sederhana.
·         Pada sebagian besar WAN, subnet terdiri dari dua komponen, yaitu kabel transmisi dan elemen switching. Kabel transmisi (disebut  juga sirkuit, channel, atau trunk) memindahkan  bit-bit dari satu mesin ke mesin lainnya.
·         Element switching adalah komputer khusus yang dipakai untuk menghubungkan dua kabel transmisi atau lebih. Saat data sampai ke kabel penerima, element switching harus memilih kabel pengirim untuk meneruskan pesan-pesan tersebut. Sayangnya tidak ada terminologi standart dalam menamakan komputer seperti  ini. Namanya sangat bervariasi disebut paket switching node, intermidiate system, data switching exchange dan sebagainya. 
7. Body Area Network
       Pengertian
·         (BAN), jaringan nirkabel area tubuh (WBAN) atau jaringan tubuh sensor (BSN) adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan aplikasi perangkat komputer dpt dipakai. Hal ini akan memungkinkan komunikasi nirkabel antara beberapa miniatur unit sensor tubuh (BSU) dan tubuh unit pusat tunggal (BCU) dikenakan pada tubuh manusia. 
·         Perkembangan teknologi WBAN dimulai sekitar tahun 1995 dengan mempertimbangkan jaringan wilayah pribadi nirkabel (WPAN) teknologi untuk komunikasi pada, di dekat dan di sekitar tubuh manusia. Kemudian sekitar tahun 2001, aplikasi ini WPAN dinobatkan sebagai jaringan tubuh daerah (BAN) untuk mewakili komunikasi di dalam dan dekat tubuh saja.
·          Sebuah sistem WBAN dapat menggunakan teknologi nirkabel WPAN sebagai gateway untuk mencapai lebih lama rentang.
·         FCC telah menyetujui 40 MHz alokasi spektrum untuk BAN medis rendah daya, link radio yang luas di band 2360-2400MHz. Ini akan memungkinkan off-loading komunikasi MBAN dari spektrum standar sudah jenuh Wi-Fi untuk sebuah band standar.
Aplikasi
Aplikasi awal larangan diharapkan muncul terutama dalam domain kesehatan, terutama untuk memonitor berlanjut dan penebangan parameter penting dari pasien yang menderita penyakit kronis seperti diabetes , asma dan serangan jantung .
·         Sebuah jaringan BAN di tempat pada pasien dapat mengingatkan rumah sakit, bahkan sebelum mereka mengalami serangan jantung, melalui perubahan ukur dalam mereka tanda-tanda vital .
·         Sebuah jaringan BAN pada pasien diabetes bisa otomatis menyuntikkan insulin meskipun pompa, segera setelah penurunan tingkat insulin.
Aplikasi lain dari teknologi ini termasuk olahraga, militer, atau keamanan. Memperluas teknologi untuk daerah baru juga dapat membantu komunikasi dengan pertukaran mulus informasi antara individu, atau antara individu dan mesin.
Komponen
·         Sebuah BAN khas atau BSN memerlukan pemantauan tanda vital sensor , detektor gerak (melalui accelerometers ) untuk membantu mengidentifikasi lokasi dari individu dipantau dan beberapa bentuk komunikasi, untuk mengirimkan tanda vital dan pembacaan gerak untuk praktisi medis atau pemberi perawatan.
·         Sebuah wilayah body kit jaringan yang khas akan terdiri dari sensor, sebuah Processor , sebuah transceiver dan sebuah baterai 
·         Sensor fisiologis, seperti EKG dan SpO2 sensor, telah dikembangkan.
·         Sensor lain seperti sensor tekanan darah, EEG sensor dan sebuah PDA untuk antarmuka BSN sedang dalam pengembangan 
Masalah dari BAN
Masalah dengan penggunaan teknologi ini dapat mencakup:
·         Interoperabilitas: WBAN sistem harus memastikan mulus transfer data di seluruh standar seperti Bluetooth , ZigBee dll untuk mempromosikan pertukaran informasi, plug and play interaksi perangkat. Selanjutnya, sistem akan menjadi terukur , memastikan migrasi efisien melalui jaringan dan menawarkan konektivitas tanpa gangguan.
·         Sistem perangkat: Sensor yang digunakan dalam WBAN akan menjadi rendah pada kompleksitas, kecil dalam faktor bentuk, ringan, listrik yang efisien, mudah digunakan dan reconfigurable. Selanjutnya, perangkat penyimpanan perlu memfasilitasi penyimpanan jauh dan melihat data pasien serta akses untuk pengolahan eksternal dan alat analisis melalui Internet .
·         Sistem dan perangkat keamanan tingkat: upaya yang cukup besar akan diperlukan untuk membuat transmisi BAN aman dan akurat. Ini harus memastikan bahwa data pasien'''' aman hanya berasal dari sistem BAN khusus setiap pasien dan tidak bercampur dengan data pasien lain. Selanjutnya, data yang dihasilkan dari WBAN harus memiliki akses yang aman dan terbatas.
·         Pelanggaran privasi: Orang mungkin mempertimbangkan teknologi WBAN sebagai potensi ancaman terhadap kebebasan, jika aplikasi melampaui penggunaan "aman" medis. Penerimaan sosial akan menjadi kunci untuk teknologi ini menemukan aplikasi yang lebih luas.
·         Sensor validasi: perangkat penginderaan Pervasif tunduk pada komunikasi yang melekat dan kendala perangkat keras termasuk diandalkan kabel / link jaringan nirkabel, gangguan, dan cadangan daya terbatas. Hal ini dapat mengakibatkan salah dataset sedang dikirim kembali ke pengguna akhir. Ini adalah yang paling penting terutama dalam domain kesehatan bahwa semua pembacaan sensor divalidasi. Hal ini membantu untuk mengurangi generasi alarm palsu dan untuk mengidentifikasi kelemahan yang ada dalam perangkat keras dan perancangan perangkat lunak.
·         Konsistensi data: Data yang berada pada beberapa perangkat mobile dan catatan pasien nirkabel perlu dikumpulkan dan dianalisis secara mulus. Dalam jaringan area tubuh, dataset pasien penting dapat terpecah-pecah selama beberapa node dan di sejumlah PC jaringan atau Laptop. Jika ponsel seorang praktisi medis tidak berisi semua informasi yang diketahui maka kualitas perawatan pasien dapat menurunkan.
·         Interferensi: Link nirkabel yang digunakan untuk sensor tubuh harus mengurangi gangguan dan meningkatkan koeksistensi perangkat node sensor dengan perangkat jaringan lain yang tersedia di lingkungan. Hal ini sangat penting untuk implementasi skala besar sistem WBAN.
Selain hardware-sentris tantangan, manusia-sentris berikut tantangan harus ditujukan untuk pengembangan BAN praktis. Ini termasuk
·         Biaya: konsumen hari ini mengharapkan solusi biaya rendah pemantauan kesehatan yang menyediakan fungsionalitas tinggi. Implementasi WBAN akan perlu biaya dioptimalkan untuk menarik alternatif bagi konsumen yang sadar kesehatan.
·         Pemantauan Konstan: Pengguna mungkin memerlukan berbagai tingkat pemantauan, misalnya mereka yang berisiko iskemia jantung mungkin ingin WBANs mereka untuk berfungsi terus-menerus, sementara yang lain pada risiko jatuh mungkin hanya perlu WBANs untuk memantau mereka sementara mereka berjalan atau bergerak. Tingkat pemantauan mempengaruhi jumlah energi yang dibutuhkan dan siklus hidup BAN sebelum sumber energi habis.
·         Deployment Dibatasi: WBAN perlu menjadi dpt dipakai, ringan dan non mengganggu. Seharusnya tidak mengubah atau membebani kegiatan sehari-hari pengguna. Teknologi ini akhirnya harus transparan kepada pengguna yaitu, harus melakukan tugas-tugas pemantauan tanpa pengguna menyadarinya.
·         Kinerja Konsisten: Kinerja WBAN harus konsisten. Pengukuran sensor harus akurat dan dikalibrasi, bahkan ketika WBAN dimatikan dan dinyalakan kembali. Link nirkabel harus kuat dan bekerja dalam lingkungan berbagai pengguna.
8. Jaringan backbone
·         Sebuah jaringan backbone atau tulang punggung jaringan adalah bagian dari jaringan komputer infrastruktur yang menghubungkan berbagai potongan jaringan, menyediakan jalan untuk pertukaran informasi antara berbagai LAN atau subnetwork .
·         Tulang punggung dapat mengikat bersama jaringan yang beragam di gedung yang sama, dalam berbeda bangunan di lingkungan kampus, atau di daerah yang luas. Biasanya, kapasitas tulang punggung adalah lebih besar dari jaringan yang terhubung ke sana.
·         Sebuah perusahaan besar yang memiliki banyak lokasi mungkin memiliki jaringan backbone yang mengikat semua lokasi bersama-sama, misalnya, jika cluster server perlu diakses oleh departemen yang berbeda dari sebuah perusahaan yang terletak di lokasi geografis yang berbeda. Potongan-potongan dari koneksi jaringan (misalnya: ethernet, wireless) yang membawa departemen ini bersama-sama sering disebut sebagai jaringan backbone.
·         Jaringan kemacetan sering dipertimbangkan saat merancang tulang punggung. 
9. NAN
·         (NAN) adalah jaringan komunikasi logis yang berfokus pada komunikasi antara perangkat nirkabel di dekat.
·         Tidak seperti jaringan area lokal (LAN), di mana perangkat berada dalam segmen jaringan yang sama dan berbagi domain broadcast yang sama, perangkat dalam NAN dapat dikelompokkan pada berbagai infrastruktur jaringan milik (misalnya, operator mobile yang berbeda). Jadi, meskipun dua perangkat secara geografis dekat, jalur komunikasi antara mereka mungkin, sebenarnya, melintasi jarak jauh, pergi dari LAN, melalui Internet, dan ke LAN lain.
·         Aplikasi NAN fokus pada komunikasi dua arah antara orang-orang yang paling terdekat satu sama lain, tetapi umumnya tidak menyibukkan diri dengan lokasi yang tepat orang-orang tersebut.
10. Internet
·         Internet adalah sistem global yang saling berhubungan jaringan komputer yang menggunakan standar Internet Protocol Suite (sering disebut TCP / IP, meskipun tidak semua aplikasi menggunakan TCP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.
·         
Ini adalah jaringan dari jaringan yang terdiri dari jutaan pribadi, umum, bisnis akademis,, dan jaringan pemerintah, dari lokal lingkup global, yang dihubungkan oleh array yang luas dari teknologi jaringan elektronik, nirkabel dan optik. Internet membawa berbagai pilihan sumber daya informasi dan layanan, seperti antar-link hypertext dokumen dari World Wide Web (WWW) dan infrastruktur untuk mendukung email.
·         Internet adalah sebuah bentuk singkat dari istilah teknis internetwork , hasil dari jaringan komputer interkoneksi dengan gateway khusus atau router. Internet juga sering disebut sebagai Net.
·         Istilah Internet, ketika mengacu pada sistem global seluruh jaringan IP, telah diperlakukan sebagai kata benda dan ditulis dengan awal huruf kapital . Dalam media dan budaya populer, tren juga telah dikembangkan untuk menganggapnya sebagai istilah umum atau kata benda umum dan dengan demikian menuliskannya sebagai "internet", tanpa kapitalisasi. Beberapa panduan menentukan bahwa kata harus dikapitalisasi sebagai kata benda, tetapi tidak dikapitalisasi sebagai kata sifat. 
·         Istilah Internet dan World Wide Web yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari tanpa banyak perbedaan. Namun, Internet dan World Wide Web tidak satu dan sama. Internet ini membuat sebuah sistem data komunikasi global antar komputer. Sebaliknya, Web adalah salah satu layanan dikomunikasikan melalui Internet. Ini adalah kumpulan dokumen yang saling berhubungan ( halaman web ) dan sumber daya , dihubungkan oleh hyperlink dan URL . Selain Web, Internet juga kekuatan banyak layanan lainnya, termasuk (antara lain), transfer email file, newsgroup, dan game online. Layanan Web dapat ada terpisah dari internet, seperti pada intranet pribadi. 

11. Internet antar planet
 ·         internet antarplanet (berdasarkan IPN , juga disebut InterPlaNet ) adalah disusun jaringan komputer di ruang angkasa, yang terdiri dari satu set node jaringan yang dapat berkomunikasi satu sama lain.
 ·         Komunikasi akan sangat tertunda oleh besar antarplanet jarak,  jadi IPN perlu satu set baru protokol dan teknologi yang toleran keterlambatan besar dan kesalahan. Sementara Internet seperti yang kita kenal cenderung menjadi jaringan sibuk jaringan dengan lalu lintas tinggi, penundaan diabaikan dan kesalahan, dan kabel backbone, Internet antarplanet adalah jaringan toko-and-forward dari Internets yang sering terputus, memiliki tulang punggung nirkabel penuh dengan rawan kesalahan link dan keterlambatan mulai dari puluhan menit ke jam bahkan, bahkan ketika ada sambungan.
 ·         Ruang teknologi komunikasi telah terus berevolusi dari mahal, satu-of-a-kind point-to-point arsitektur, penggunaan kembali teknologi pada misi berturut-turut, untuk pengembangan protokol standar yang telah disepakati oleh badan ruang angkasa banyak negara. Fase terakhir telah berlangsung sejak tahun 1982 melalui upaya dari Komite Konsultatif untuk Space Data Systems (CCSDS), satu badan terdiri dari badan-badan ruang utama dunia. Ini memiliki organisasi anggota 11, 22 lembaga pengamat, dan lebih dari 100 rekan industri.
 ·         Evolusi standar sistem ruang data telah berlangsung secara paralel dengan evolusi Internet, dengan konseptual penyerbukan silang dimana berbuah, tetapi sebagian besar sebagai evolusi yang terpisah. Sejak akhir 1990-an, protokol Internet akrab dan CCSDS ruang protokol link telah terintegrasi dan menyatu dengan beberapa cara, misalnya, sukses transfer file FTP untuk Bumi yang mengorbit STRV-1b pada tanggal 2 Januari, 1996 yang berlangsung FTP selama CCSDS IPv4- seperti Ruang Protokol Spesifikasi Komunikasi (SCPS) protokol. menggunakan Internet Protocol tanpa CCSDS telah terjadi pada pesawat ruang angkasa, misalnya, demonstrasi pada satelit-12 UoSAT , dan operasional pada Constellation Bencana Pemantauan . Setelah sampai di era dimana jaringan dan IP pada pesawat ruang angkasa papan telah terbukti dapat dipercaya dan dapat diandalkan, sebuah penelitian ke depan dari gambaran yang lebih besar adalah tahap berikutnya.
 ·         ICANN pertemuan, Los Angeles , Amerika Serikat, 2007. Tenda membayar penghormatan lucu ke Kayu Ed Film Plan 9 dari Luar Angkasa , sementara namedropping Internet pelopor Vint Cerf .·         Internet antarplanet studi di NASA Jet Propulsion Laboratory (JPL) dimulai oleh sebuah tim ilmuwan di JPL dipimpin oleh Vinton Cerf dan Adrian HookeCerf adalah salah satu pelopor Internet di Bumi, dan saat ini memegang posisi dibedakan mengunjungi ilmuwan di JPL. Hooke adalah salah satu direktur CCSDS.
 ·         Sementara IP seperti SCPS protokol yang layak untuk hop singkat, seperti stasiun tanah untuk pengorbit, bajak -ke-pendarat, pendarat ke pengorbit, pesawat-ke-terbang lintas, dan sebagainya, delay-tolerant jaringan dibutuhkan untuk mendapatkan informasi dari satu wilayah dari tata surya yang lain. Ini menjadi jelas bahwa konsep "wilayah" adalah anjak arsitektur alami dari Internet antarplanet.
 ·         Sebuah "daerah" adalah area di mana karakteristik komunikasi adalah sama. karakteristik Daerah antara lain komunikasi, keamanan, pemeliharaan sumber daya, mungkin kepemilikan, dan faktor lainnya. Internet antarplanet adalah jaringan "dari daerah Internets. "
 ·         Apa yang dibutuhkan kemudian, adalah cara standar untuk mencapai end-to-end komunikasi melalui beberapa daerah di lingkungan, terputus variabel-delay menggunakan suite umum dari protokol. Contoh daerah mungkin termasuk Internet terestrial sebagai daerah, wilayah di permukaan bulan atau Mars, atau wilayah darat ke orbit.
Pengembangan

0 komentar: